Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Online Pada Mahasiswa/I STIE Nias Selatan

  • Arif Pasrah Nehe
Keywords: Kualitas Produk, Harga, Pengiriman Barang, Kepuasan Konsumen

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini adalah studi tentang analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen online pada mahasiswa/i STIE Nias Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen online. Variabel bebas yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen online yaitu kualitas produk, harga dan pengiriman barang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Hasil yang didapat menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini dapat dilihat dari hasil uji thitung (3,473) > ttabel (1,984) sehingga H0 ditolak dan ­Ha diterima. Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini dapat dilihat pada hasil uji t­hitung (4,508) > ttabel (1,984) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Pengiriman barang berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan konsumen online, hal ini dapat dilihat pada uji thitung (3,138) > ttabel (1,984) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Besarnya nilai koefisien determinasi (R2) adalah  0,417 artinya  model tersebut hanya mampu mempengaruhi kepuasan konsumen online sebesar 41,7% dan sisanya 68,3% dipenagruhi faktor lain.

Published
2021-05-31