Paskalis Dakhi Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen dengan Citra Perusahaan Sebagai Variabel Intervening

  • Paskalis Dakhi
Keywords: Kualitas Pelayanan, Promosi, Citra Perusahaan dan Minat Beli Konsumen

Abstract

Minat beli konsumen yang besar pada sektor ritel hal ini karena banyaknya kebutuhan sehari hari konsumen yang dapat disediakan oleh sektor ini. Minat beli konsumen dapat dipengaruhi oleh citra perusahaan, kualitas pelayanan dan promosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dengan tidak langsung kualitas pelayanan, promosi dan citra perusahaan terhadap minat beli konsumen. Penelitian dilakukan kepada konsumen Alfamidi TelukDalam Kabupaten Nias Selatan. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) model kombinasi regresi dan mediasi. Populasi adalah seluruh konsumen minimarket Alfamidi. Teknik penentuan sampel yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan menggunakan pertimbangan tertentu. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 112 orang. Berdasarkan analisis model persamaan sub struktur 1, terbukti bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap promosi. Pada persamaan substruktur 2, terbukti bahwa kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh terhadap citra perusahaan. Selanjutya persamaan sub struktur 3 terbukti bahwa kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh terhadap minat beli konsumen melalui citra perusahaan.

Published
2021-07-27